Selasa, 10 November 2015

BUMIKU IBUKU

Sudah menjadi kewajiban setiap manusia yang ada muka bumi ini untuk selalu menjaga ekosistim alam ini. Kenapa saya katakan kewajiban manusia, ya kalo bukan manusia siapa lagi makhluk yang paling sempurna di muka bumi ini. Namun sekarang ini hampir semua manusia melupakan atau bahkan tidak tahu kewajibannya untuk bumi. Mereka yang serakah, dengan membabibuta mengeruk kekayaan bumi ini baik yanga ada dimuka atapun yang terkandung didalam perut bumi sekalipun.
Ya...keserakahan itulah yang menjadikan kita sesama manusia jadi saling bermusuhan satu sama lain. tampaknya itulah yang akan diwariskan untuk generasi berikutnya. Lalu apa yang akan terjadi, jika kita biarkan hal-hal semacam ini. Akankah kita juga akan ikut-ikutan serakah, saya harap yang membaca ini jangan sampai mengikuti tindakan seperti itu.Kita harus sadar, bahwa untuk saat ini atau bahkan untuk selamanya kita tetap berhutang pada bumi ini. Bumi adalah ibu bagi kita dan juga bagi seluruh makhluk hidup yang ada diantara kita. tanpa bumi manusia dan yang lainnya tidak akan mungkin bisa bertahan hidup. bumi adalah salah satu dari empat sumber kehidupan yang utama.
Kita sebagai manusia harus pandai mengelola keberlangsungan ekosistem alam ini agar kelak tidak menjadi petaka bagi generasi kita selanjutnya. Tidakkah kita berfikir tentang masa depan anak cucu kiat, namun apakah kita pernah berfikir tentang masa depan alam ini. tidak bisa dipungkiri saat ini hampir semua manusia termasuk saya sendiri memang tidak terbersit pemikiran seperti itu.kita memang egois dan egois itu adalah salah satu sifat keserakahan manusia.
Hal kecil namun memberikan manfaat yang begitu besar adalah kita harus berkontribusi pada lingkungan sekitar kita. Banyak hal yang bisa kita lakukan, diantaranya :
-Selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita
-Buat halaman rumah kita menjadi hutan mini
-Jangan lakukan kebiasaan membuang sampah sembarangan dimanapun kita berada.
-Jangan suka menilai apa yang orang lakukan, tapi nilailah diri kita, apa yang sudah kita lakukan.
Dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan, itu hanyalah sebagian kecilnya saja.Intinya harus kita mulai dari diri kita masing-masing. Coba banyangkan jika kita sama-sama melakukan 4 hal di atas sudah pasti linkungan kita menjadi asri. Namun yang saya sayangkan adalah mereka-mereka yang dengan bengisnya menggunduli hutan yang nota bene adalah paru-paru dunia. Mereka dengan seenaknya menebang pohon tanpa menggantinya dengan tanaman yang baru.Semoga saja para pembuat kebijakan memikirkan dampak terburuknya. Dengan begitu mereka tidak akan seenaknya membuat peraturan dan juga kebijakannya.
SEMOGA ARTIKEL INI MEMBERIKAN MANFAAT.

Tidak ada komentar: