Selasa, 17 November 2015

CARA SEDERHANA UNTUK MENIKMATI HIDUP

Hidup bisa jadi kerugian ataupun keberuntungan buat kita. Kita tak bisa menebak apa yang akan terjadi esok hari atau masa mendatang. Kita hanya diberi kesempatan untuk mempersiapkannya, namun tidak bisa menolak apa yang akan menjadi kehendakNya. Bisa di istilahkan bahwa hidup itu ibarat teka teki.
Saya punya istilah sendiri tentang hidup ini. Istilah itu sudah saya ulas di artikel sebelum ini. Kalimatnya begini, "kemarin adalah kenangan, hari ini adalah hadiah, dan besok adalah kejutan". Itu hanyalah sebuah istilah, akan tetapi bagi saya maknanya begitu dalam. Disini akan saya terangkan makna pentingnya dari istilah diatas.
"Kemarin adalah kenangan". Bagi saya hidup itu selalu penuh dengan pembelajaran dan pengalaman. Karena kemarin saya jadikan acuan untuk menapaki hidup dihari ini. Apakah hidup saya sudah lebih baik dihari ini jika dibanding hari kemarin, dan apa yang saya dapatkan dihari ini dari hidup saya dihari kemarin.
"Hari ini adalah hadiah". Hadiah dalam hal ini bukan hanya bisa berwujud kesenangan semata, namun bisa berupa kesedihan atau kesukaran. Hal itu tak lepas dari apa yang telah saya lakukan atau saya rencanakan dihari kemarin. Karena saya yakin bahwa perbuatan dan rencan yang baik ataupun yang jahat sudah pasti akan saya tuai.
"Besok adalah kejutan". Hal itu bagi saya sudah pasti. Diatas tadi sudah saya ulas, bahwa dalam hidup itu tak bisa ditebak. Saya tak bisa menebak apa yang akan terjadi besok, meskipun sudah saya buat perencanaan yang begitu matang, toh ujung-ujungnya hanya Tuhanlah yang menentukan hasil akhirnya.
Dari semua itu saya rangkumkan begini. Hidup bukanlah kesia-sian, justru menjadi kesempatan buat kita., untuk tahu apa sesungguhnya yang harus kita lakukan. Kita tidak mungkin tidak pernah berbuat salah dan merugikan orang lain, setidaknya keluarga kita. Dan kita juga pasti pernah menuai akibat dari kesalahan kita tersebut. Jika kita benar- benar menyadari akan kesalahan kita, tentunya kita akan merubah diri kita untuk menjadi lebih baik. Poinnya adalah perbuatan sekecil apapun entah itu buruk ataupun baik, pasti akan ada akibatnya.

Semoga artikel singkat ini dapat membawa kita menjadi lebih baik dan pada akhirnya akan bermanfaat bagi sesama.

Tidak ada komentar: