Selasa, 24 November 2015

ARTI/MAKNA IKHLAS YANG SESUNGGUHNYA

Salam hangat saudaraku sebangsa,
Pernahkah anda bertanya-tanya, bagaimana ikhlas yang sesungguhnya itu ?
Setidaknya di artikel ini nanti akan anda temukan jawabannya, itupun jika anda membacanya sampai selesai. Baiklah langsung saja saya mulai, supaya anda tidak bosan membacanya.
Seperti yang sering kita dengar, hampir setiap orang mengatakan kata ikhlas tanpa mengerti makna yang sesungguhnya. Orang dengan mudahnya melakukan kebaikan dimanapun tempatnya atau lewat media apapun, dan dengan mudahnya pula dia atupun mereka mengatakan kata ikhlas.
Berbuat baik memang menjadi nilai positif bagi siapapun yang melakukannya baik secara ikhlas ataupun dengan tidak. Kebanyakan manusia berfikir bahwa dalam melakukan melakukan suatu kebaikan harus ada imbal baliknya. Entah itu berupa kentungan ataupun pahala dari Tuhan. Tapi, bagi saya itu semua bukanlah ikhlas yang sesungguhnya.
Jika benar-benar ikhlas, kita tidak akan mengharap apapun dari kebaikan yang telah kita perbuat. Itu artinya kita harus rela lahir dan bathin. Jadi, jika anda melakukan kebaikan dengan mengharap ridho dari Tuhan ataupun pahala dari Tuhan, maka bukan itu ikhlas namanya. Ikhlas artinya rela, dan rela itu mengandung makna bahwa kesamaan lahir dan batin akan membawa kebaikan pada diri yang menjalaninya. Kesamaan lahir dan bathin itu sendiri artinya bahwa lahir kita menjadi cermin dari apa yang ada di dalam bathin kita.
Saya berikan contoh yang sangat sederhana. Tapi sebelumnya saya mohon ma'af karena agak sedikit jorok. Apakah pernah terfikirkan oleh anda jika disaat buang hajat baik kecil ataupun besar, disitulah terdapat jawaban makna ikhlas yang sesungguhnya. Pernahkah anda mengharapkan hajat itu kembali pada anda, jangankan kembali, mengenai sedikit saja pasti anda langsung bergegas membersihkannya. Nah begitulah seharusnya jika anda memberi atau berbuat kebaikan, maka jangan sekali-kali anda mengarapkan apapun dari kebaikan yang sudah kita lakukan.
Saya rasa artikel ini sudah cukup jelas. Semoga anda dapat mengambil manfa'at dari yang saya paparkan diatas. Mohon beri komentar anda, dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.
Salam sehat dan semoga sukses selalu.

Tidak ada komentar: